Story Lomba Remaja Berkaya


Bandung – haiii… sob lama gak update. Kali ini saya akan menceritakan pengalaman saya mengikuti Lomba Remaja Berkarya Tingkat nasional yang diadakan oleh telkom university yang bekerjasama dengan PT. Multipolar Technology tbk. lomba ini diharuskan membuat sebuah Aplikasi/Web/Desktop yang Inovatif/Kreatif dan tidak boleh menjiplak karya orang lain jadi, yaa... harus kreatif dalam pembuatannya wkwk. lomba tersebut merupakan lomba pertama yang saya ikuti meskipun banyak lomba yang saya lewatkan sebelum – sebelumnya seperti lomba “HACHATHON EDUCODE” yang diselenggarakan langsung oleh Kemendikbud.

Oke langsung aja, progress awal dari lomba ini kita harus mengirimkan proposal, yang kedua adalah pembuatan aplikasi, dan tahap yang terakhir adalah presentasi yang dilaksanakan di bandung. Pada tahap pengiriman proposal ada ± 100 tim yang mengirimkan proposalnya yang berasal dari berbagai provinsi di Indonesia. Kemudian, yang lolos ketahap berikutnya ada 20 tim yang lolos. Di tahap ini kita diharuskan membuat aplikasi/Web/Desktop yang sudah kita tentukan temanya di awal seperti yang tercantum di proposal. kita diberikan jangka waktu yang lumayan cepat yaitu Sekitar 1 bulan. Kalau saya dan kawan – kawan mengerjakannya hanya sekitar 2 minggu karena, kendala waktu juga sih. Tapi, alhamdulillahnya saya dan tim lolos ke babak final yang diharuskan menghadiri serangkaian acara yang dilakukan di Telkom university, bandung. Sekitar 3 hari setelah pengumuman grand finalis kami selaku tim dari “SANTRI DEVELOPER” langsung berangkat ke bandung.


Sesampainya di bandung kami langsung diantar oleh panitia dari Telkom university ke Sebuah hotel yang berada di bandung. Sehari sebelumnya kami beristirahat sejenak setelah menempuh perjalanan yang cukup jauh. Esoknya, lomba dimulai pada jam 12.00. pada paginya kami meluangkan waktu untuk tidur sebentar maklumlah ngantuk wkwk. Setelah tidur dan sarapan yang cukup kami mempersiapkan segalanya untuk presentasi nanti. Mulai dari Memperbaiki Error”, membuat Bahan Presentasi, Video Powtoon, DLL. Jam 12.00 teng.. kami pun berangkat ke Telkom university bersama seluruh Grand finalis menggunakan bis yang tentunya disediakan juga oleh pihak panitia. Setelah sampai disana kami diarahkan ke satu ruangan untuk menunggu giliran presentasi. Tim kami “Santri Developer” mendapatkan giliran Ke – 2. Sebelum ke ruangan Sidang Akhir (Baca : Ruang Presentasi) kami mengganti kostum kami. Seperti mengganti baju yang tradisional dan memakai blankon pokoknya, serba tradisional lah wkwk. Saat tiba di Ruang Sidang(Baca : Ruang Presentasi) saya merasakan hawa yang beda pokoknya berasa jadi suasana yang tegang lah wkwk. Dihadapan kita duduk 4 orang panitia diantaranya petinggi multipolar dan Telkom. Pernyataan dan pertanyaan dari para juri sangat menusuk seperti “Kok aplikasinya tidak seperti gojek saja ada order” nya gitu” yaa allah ini masih sample pak.. haha. Dan ada juga pernyataan yang dilontarkan juri yang lumayan Susah untuk Dijawab “presentasi nya kurang…” yaa allah perasaan udh bagus dah wkwk. Begitu keluar ruangan rasanya beda lagi rasanya udah melewati tahap presentasi.


Esok harinya, kita disuruh berangkat pada pukul 05.30. Tapi, tim Kami baru bangun jam 05.45. 5 menit kemudian ada yang ketok” yang ketok” merupakan panitia “Pak, Ditungggu 15 menit lagi yaa…” ujar panitia kepada Pembina kami “Ok mba”. Yaa ampun baru selesai sholat belom juga mandi, muka juga masih kucel. Yaa… terpaksalah berangkat lombanya gak mandi wkwk. Jadikanlah sebagai pengalaman aja “Lomba tidak mandi” wkwk. Pada hari ini lombanya adalah Stand yaitu kita mempromosikan aplikasi kita di stand tersebut sampai jam 12.00. kita akan dihadapkan sejumlah mahasiswa dengan berbagai karakter. Setelah Stand selesai ini merupakan acara puncaknya yaitu pengumuman pemenang yang merupakan juara pertama yaitu aplikasi “jampi pandu” yang di develop oleh SMA SANTA MARIA, SURABAYA, Juara kedua yaitu Aplikasi “I Am Apps” yang di Develop oleh SMKN 1 CIMAHI, Juara ketiga yaitu Aplikasi “Jejak Si joki” Yang di develop oleh SMK TELKOM MALANG. Dan tim saya mendapat juara ke – 4.


Pada malam hari nya kita diajak untuk Dinner bersama seluruh peserta dan Sejumlah Panitia dan Sejumlah Pihak multipolar dan Telkom. Sekalian pamit”an ke peserta beserta panitia dan pihak” terkait.


~ Selesai ~



Previous
Next Post »
Thanks for your comment